10 Makanan-makanan terlezat khas Solo

Discussion in 'Foodeats District' started by TheRevolution, Dec 18, 2014.

  1. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Halo agan agan,

    Ane mau nge-share makanan-makanan terlezat khas solo.
    Sebenernya ane iseng-iseng buat thread ini, karena kebetulan orang tua ane orang solo ( walaupun ane dilahirin di jakarta :sakit:)

    Cekidot.

    [move][glow=blue]~ Makanan khas solo ~[/glow][/move]

    [divbox=#66ff99]
    1. Nasi Liwet

    Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang di masak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurig dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan daun pisang yang dipincuk.

    Nasi liwet yang paling enak itu menurut ane di Warung Nasi Liwet Wongso Lemu di Keprabon.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    2. Timlo Solo

    Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis ayam yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati dan ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    3. Tengkleng

    Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain. Kenikmatan menyantap tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan menghisap isinya.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    4. Selat Solo

    Selat Segar Solo adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah dari barat dengan selera lidah lokal yang menciptakan makanan khas solo. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari dagingyang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, dan mayonaise. Racikan ini kemudian disiram dengan kuah kecap encer.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    5. Sate Buntel

    Sate Buntel sate kambing khas kota solo terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian dibuntel (dibungkus dengan lemak kambing). Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan gule sumsum.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    6. Sate Kere

    Sate kere ini unnik karena menu utamanya adalah sate tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu. Selain itu terdapat juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, dan babat. Sebelum dibakar bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya yaitu bumbu kacang, dengan kacang yang tidak terlalu banyak sehingga terasa lebih ringan.

    Katanya, sate ini dinamain sate kere karena satenya tipis tipis & bahan utamanya tempe :ngakak:

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    7. Wedang Ronde

    Wedang Ronde adalah makanan berkuah air jahe dan isinya bola-bola kecil yang disebut ronde, bola itu terbuat dari tepung ketan berisi kacang ditumbuk dengan gula.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    8. Serabi Solo

    Serabi Solo berbeda dengan serabi daerah lain. Jajanan ini tidak dimakan bersama kuah santan yang manis, karena rasanya sendiri sudah manisa dan gurih. Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilingnya yang kering dan renyah. Selain polos, serabi solo juga memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    9. Gempol Pleret

    Gempol Pleret terdiri dari beras kasar yang dibuat bulatan berdiameter sekitar 1,5 cm. Bulatan ini kemudian disiram dengan kuah santan dan gula kelapa.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]

    10. Sosis Solo

    Sebenernya ini bukan sosis, ini adalah makanan yang kulitnya terbuat dari telur dadar. Dalamnya ada daging cincang yang sangat lezat. Makanan ini bisa menjadi moodbooster bagi kalian.

    [divbox=#66ff99]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [/divbox]
    [/divbox]


    Gimana ?
    Apa makanan diatas ada yang menggugah selera makan kalian ? :D
     
    Last edited: Dec 18, 2014
  2. Reconnected

    Reconnected MTRP Community Management

    Jadi laper tengah malem kak.
     
  3. Obin31

    Obin31 New Member

    Cabe nya di sosis solo juga makanan itu ? digadoin enak ga ? :sliweran:
     
  4. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Sini ke rumah gua, gua traktir makan :minum:
     
  5. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Yang enak mah cabe-cabean :muntah:
     
  6. Obin31

    Obin31 New Member

    Wah mantep yang nomor lima ,bagi dong kak
     
  7. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Beli lah :mandikeringat:
     
  8. Reconnected

    Reconnected MTRP Community Management

    Yaudah kasih alamat ntar gw jalan langsung.
     
  9. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Komplek Taman Rempoa Indah Blok B.18, Rempoa, Jakarta Selatan, Indonesia, Dunia. :minum:
     
  10. Reconnected

    Reconnected MTRP Community Management

    Oke ane kirimin santet nanti.
     
  11. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Sepi amat tritnya nih :sliweran:
     
  12. Andre Daegal

    Andre Daegal MTRP Server Quality Control

    sekilas, serabi solo sisi-sisinya martabak. rasanya bermacam-macan dan ane rasa pasti enak wkwk
     
  13. Mr.Shannon

    Mr.Shannon New Member

    Gempol pleret bi :v beliin
     
  14. Mr

    Mr <b><font size="3" face="segoe print" color="Blue">

    kak , Pesen nasi Liwet 1:v :kagumbgt:
     
  15. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    Pasti lah enak :kagumbgt:

    Mau berapa mangkok ? :ngayal:

    Bayarnya pake GRP ya :berseru:
     
  16. Mr

    Mr <b><font size="3" face="segoe print" color="Blue">

    Pake Vcash Aja :v :V :v
     
  17. monalisa~

    monalisa~ New Member

    :eek:k: nice threads
     
  18. Bª™ªN

    Bª™ªN New Member

    Awllalwaaowawlplapwlpalwpawlalawkaokwoakw

    Jadii ngilerrr oi :melting:
     
  19. A†

    A† <b><font size="2"><font color="#ff0066"">I ♥ Revo

    Aduh maknanya wong Solo keknya Sedaappppppppp

    Betul,betul,betulll hahahaaaa .....
     
  20. TheRevolution

    TheRevolution ♠ The O n e & O n l y ♠

    sedep betull broo :ngakak:

    :malu:

    Sama oi :melting: yahahay
     
    Last edited: Jul 18, 2015

Share This Page